Sukses

Pengiriman Puluhan TKW Ilegal Digagalkan

Puluhan TKW ilegal beserta cukong ditangkap Polresta Bima, NTB, saat hendak berangkat menuju ke tempat penampungan di Jakarta. Perusahaan yang memberangkatkan para TKW ke Arab Saudi ternyata tak berizin.

Liputan6.com, Kota Bima: Jajaran Kepolisian Resor Kota Bima, Nusatenggara Barat, mengamankan puluhan calon tenaga kerja wanita Indonesia ilegal yang hendak bekerja di Arab Saudi, belum lama ini. Puluhan calon TKW ini ditangkap saat hendak berangkat menuju tempat penampungan mereka di Jakarta. Ikut ditangkap pula cukong mereka.

Penangkapan berawal dari informasi warga. Perusahaan yang memberangkatkan ternyata tak memiliki izin. Polisi juga mengamankan Sarinah, cukong yang merekrut para TKW ini dari sejumlah desa di Kecamatan Sape, Bima. Para calon TKW mengaku telah menyetor Rp 1 juta agar bisa berangkat ke Arab Saudi.

Sarinah, sang cukong mengaku perusahaan tempat ia bekerja belum memiliki izin perekrutan. Menurut tersangka, surat-surat calon TKW hendak diurusnya di Jakarta seperti yang biasa dilakukan sebelumnya.

Untuk mendapatkan keterangan lebih lanjut, polisi menahan Sarinah karena dinilai melanggar aturan perekrutan calon tenaga kerja. Sementara puluhan calon TKW dikembalikan lagi ke desa asal mereka setelah memberikan keterangan kepada polisi.(MAK/Adhar Hakim)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini