Sukses

Seorang Lagi Warga Indramayu Diduga Flu Burung

Warga Indramayu yang diduga terserang penyakit flu burung bertambah seorang. Muhammad asal Desa Singaraja dirawat di RSUD Indramayu setelah mengalami panas tinggi dan sesak napas.

Liputan6.com, Indramayu: Muhammad, seorang warga Desa Singaraja, Indramayu, Jawa Barat, dirawat di RSUD Indramayu karena mengidap penyakit persis flu burung. Sebelumnya dua warga setempat juga sudah dirawat karena menderita gejala yang sama seperti dialami Muhammad [baca: Warga Cikedung Musnahkan Hewan Ternak].

Menurut pihak RSUD Indramayu, Muhammad menderita sesak napas diiringi panas tinggi dan mual. Sebelumnya ia kontak dengan unggas yang mati mendadak. Untuk memastikan jenis penyakit, darah ketiga pasien sudah dikirim ke Jakarta.

Untuk mencegah penyebaran flu burung, ratusan ribu unggas di Parepare, Sidrap, Pinrang, divaksin secara massal. Dinas Peternakan Sulawesi Selatan dan petugas karantina hewan menyiapkan 360 ribu dosis vaksin. Selain itu, mereka mengambil contoh darah unggas yang diduga terjangkit virus avian influenza.

Sementara di Majene, Sulawesi Barat merebaknya kasus flu burung menyebabkan produksi unggas anjlok hingga 40 persen. Untuk memenuhi kebutuhan penduduk sebesar 320 ribu ekor ayam per bulan, para pedagang terpaksa mencari pasokan ayam dari daerah lain. Menurut Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Majene Burhanuddin, produksi anjlok karena peternak trauma untuk kembali memelihara unggas setelah terjadi wabah flu burung.(KEN/Tim Liputan 6 SCTV)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.