Sukses

Banjir di Mozambique, Puluhan Ribu Warga Mengungsi

Banjir dari luapan Sungai Zambesi membuat puluhan ribu warga mengungsi selama beberapa hari. Air bah akibat hujan deras di negara tetangga Mozambique ini diperkirakan mengancam 400 ribu warga lain.

Liputan6.com, Chupanga: Hujan deras di tiga negara tetangga membuat Sungai Zambesi di Mozambique meluap dan merendam wilayah bantaran sungai. Banjir menewaskan 29 warga serta merusak ribuan rumah, bangunan, serta sekolah. Pemerintah setempat mengevakuasi warga ke tempat yang aman di wilayah Chupanga, utara Mozambique. Sampai Senin (12/2), diperkirakan 20 ribu warga telah dievakuasi.

Sungai Zambesi meluap akibat guyuran hujan deras di negara tetangga Mozambique seperti Zimbabwe, Zambia, dan Malawi. Puluhan ribu warga yang bermukim di sekitar Sungai Zambesi dievakuasi pihak militer. Mereka sudah beberapa hari berada di pengungsian di Chupanga. Kondisi pengungsian sangat tidak layak. Para pengungsi kekurangan pangan.

Pemerintah setempat memprediksi banjir akan lebih parah akibat hujan deras yang terus berlangsung dalam beberapa hari mendatang. Masih ada lebih dari 400 ribu orang yang terancam bahaya banjir di wilayah Zambezia dan Sofala.

Dikhawatirkan bencana ini dapat menimbulkan korban jiwa lebih besar seperti yang terjadi awal 2001. Saat itu, lebih dari 700 orang tewas diterjang banjir dan setengah juta orang kehilangan rumah.(TNA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini