Sukses

Warga Diimbau Memeriksakan Diri

Demam berdarah di Jakarta dan sejumlah daerah telah banyak memakan korban. Warga diimbau segera memeriksakan diri bila menemukan gejala demam berdarah

Liputan6.com, Jakarta: Berjaga menghadapi demam berdarah, Anda diimbau segera memeriksakan diri bila mengalami demam berhari-hari yang diikuti nyeri pada persendian serta bintik merah pada kulit dan pendarahan pada gusi dan hidung. Dalam tiga pekan terakhir, di Rumah Sakit Tarakan Jakarta, sudah tiga orang meninggal dunia karena demam berdarah.

Untuk mengantisipasi melonjaknya jumlah pasien demam berdarah, RS Tarakan saat ini menyediakan 50 tempat tidur cadangan dan akan menempatkan pasien di lorong-lorong rumah sakit bila kapasitas ruangan sudah tidak memadai. Sejauh ini, pasien demam berdarah yang dirawat di ruang perawatan kelas tiga dibebaskan dari biaya perawatan dan obat-obatan.

Di Tanjungpinang, Kepulauan Riau, dalam tiga pekan ini sudah belasan pasien dilarikan ke rumah sakit. Bahkan seorang di antaranya tidak tertolong karena terlambat dibawa ke rumah sakit. Rata-rata pasien berusia balita dan anak-anak. Sayangnya, belum ada langkah konkret untuk memerangi penyakit ini.

Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, dalam sepekan terakhir ini terus melakukan gerakan pengasapan atau fogging secara massal. Gerakan fogging massal ini dilakukan sebagai langkah antisipasi pencegahan penyakit demam berdarah.

Demam berdarah setiap tahun selalu meminta korban hingga ratusan orang. Penyakit ini dapat dicegah dengan melakukan pemberantasan sarang nyamuk yakni dengan menguras dan menutup bak air serta mengubur barang-barang bekas.(YYT/Tim Liputan 6 SCTV)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini