Sukses

Penderita Demam Berdarah Terus Bertambah

Selain flu burung, masyarakat harus mewaspadai ancaman wabah seperti demam berdarah dan chikungunya. Di Jawa Barat, sejumlah rumah sakit dipenuhi pasien demam berdarah. Sedangkan di Mataram, NTB, chikungunya mewabah.

Liputan6.com, Bandung: Berbagai wabah penyakit berjangkit di sejumlah daerah di Tanah Air, belakangan ini. Dari flu burung, demam berdarah hingga chikungunya. Di Cimahi, Jawa Barat, misalnya. Setiap hari di Rumah Sakit Umum Daerah Cibabat, Cimahi, jumlah pasien demam berdarah dengue terus bertambah sejak awal bulan ini.

Menurut Kepala Kepala Perawat RSUD Cibabat, saat ini ada 103 pasien DBD yang menjalani rawat inap di sana. Jumlah ini jelas melampaui kapasitas rumah sakit tersebut.

Pun demikian di Rumah Sakit Hasan Sadikin, Bandung. Pasien demam berdarah yang datang meningkat. Sepanjang Januari ini, jumlah pasien sebanyak 165 orang. Namun, hingga saat ini, Pemerintah Provinsi Jabar belum menetapkan demam berdarah sebagai kejadian luar biasa.

Sementara di Mataram, Nusatenggara Barat, petugas Dinas Kesehatan gencar membasmi nyamuk dan sarang nyamuk. Antara lain di Kelurahan Pagutan. Tindakan ini dilakukan setelah puluhan warga terserang penyakit chikungunya. Selain demam disertai rasa ngilu di sekujur tubuh, penderita cikungunya dapat menderita kelumpuhan hingga tidak dapat menggerakkan badannya.

Selain pengasapan, upaya mencegah penularan demam berdarah dan chikungunya adalah menjaga kebersihan lingkungan. Ini penting dilakukan agar nyamuk yang merupakan sumber penularan kedua penyakit itu tidak makin berkembang.(ANS/Tim Liputan 6 SCTV)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini