Sukses

Warga Jakarta Diminta Mewaspadai Banjir

Hujan deras menyebabkan banjir merendam sejumlah kawasan di Kota Jakarta dan Depok, Jawa Barat. Warga Kampung Pulo, Jatinegara tidak mengungsi meski kedalaman air mencapai dua meter.

Liputan6.com, Jakarta: Hujan deras yang seharian kemarin, mengguyur Kota Jakarta menyebabkan banjir setinggi dua meter di kawasan Kampung Pulo, Jatinegara, Jakarta Timur. Warga tetap memilih bertahan di rumah hingga Rabu (24/1) siang. Pasalnya lokasi penampungan pengungsi tidak tersedia. "Kita bertahan di atap rumah-rumah aja," kata Majid, warga Kampung Pulo.

Bagi warga Kampung Pulo, banjir ini kali pertama terjadi di awal 2007. Ada lima rukun tetangga yang terendam banjir sekarang. Ketinggian air bervariasi antara satu sampai dua meter. Sampai berita ini ditulis, banjir yang terjadi sejak pukul 22.00 WIB, belum juga surut. Selama ini, kawasan Kampung Pulo selalu langganan banjir di kala musim hujan. Banjir paling parah terjadi pada 2002 dengan ketinggian air lebih dari lima meter.

Empat RT di kawasan Pancoran, Depok, Jawa Barat, juga kebanjiran. Kedalaman air akibat banjir semalam mencapai satu meter. Banjir diduga akibat hujan deras dan kiriman dari kawasan Bogor. Menurut warga setempat, pendangkalan dan penyempitan aliran sungai di pemukiman membuat situasi makin parah. Sejauh ini warga masih belum mengungsi.

Sementara itu, Badan Meteorologi dan Geofisika menyebutkan, Jakarta masih berpeluang hujan sedang. Namun di Bogor, hujan diperkirakan akan lebat. Daerah lain yang juga ditaksir akan terjadi hujan lebat mencakup Padang, Palembang, Makassar, dan Yogyakarta [baca: BMG: Hari Ini Jakarta Hujan Lagi].(KEN/Tim Liputan 6 SCTV)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini