Sukses

Kapal Selam Nuklir AS Menabrak Tanker Jepang

Sebuah kapal selam bertenaga nuklir milik AL Amerika Serikat bertabrakan dengan kapal tanker milik Jepang di Selat Hormuz. Reaktor nuklir yang menjadi sumber tenaga kapal selam dipastikan tak rusak.

Liputan6.com, Teluk Persia: Kapal selam nuklir milik Angkatan Laut Amerika Serikat, USS Newport News menabrak kapal tanker Jepang, Mogamigawa di perairan Selat Hormuz, Teluk Persia, Selasa (9/1). Kecelakaan terjadi sekitar pukul 10 waktu setempat di salah satu jalur pelayaran internasional yang ramai.

Juru bicara AL AS mengatakan, reaktor nuklir yang menjadi sumber tenaga kapal selam dipastikan tidak mengalami kerusakan. Begitu juga tanker Mogamigawa yang saat itu diawaki 24 anak buah kapal. Kapal tanker milik perusahaan Kawasaki Kisen Kaisha ini tengah mengangkut minyak untuk Showa Shell Sekiyu. Namun tidak ada laporan tumpahan minyak akibat insiden ini.

Kapal tanker masih bisa melanjutkan perjalanan menuju Uni Emirat Arab guna menjalani pemeriksaan. Ini dilakukan untuk memastikan kondisi kapal sebelum meneruskan perjalanan menuju Singapura. Kementerian Pertahanan Jepang akan segera menyelidiki penyebab tabrakan.(IAN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.