Sukses

Misa Tirakatan Malam Jumat Kliwon

Malam ini digelar untuk menghargai tradisi Jawa yang masih melihat hari tersebut sebagai hari baik. Misa Malam Jumat Kliwon berlangsung sebulan sekali di Gua Maria Wireskat di Blora, Jateng.

Liputan6.com, Blora: Perpaduan budaya lokal dengan perayaan agama semakin sering dilaksanakan. Misa Malam Jumat Kliwon misalnya, secara rutin digelar di Gua Maria Wireskat di Blora, Jawa Tengah. Misa ini dimaksudkan untuk menjalin komunikasi yang lebih intens dengan Sang Pencipta dalam keheningan.

Saat dikunjungi SCTV, Kamis (21/12), ratusan umat Katolik dari sejumlah kota di Jateng dan Jawa Timur memadati Gua Maria Wireskat. Mereka berkumpul dan bersatu dalam sebuah misa. Malam yang sunyi, dingin, dan tempat yang terbuka menambah khusuk Misa Malam Jumat Kliwon.

Menurut Romo Tri Budi Utama, Misa Malam Jumat Kliwon sebenarnya sama dengan misa di hari Ahad. Malam Jumat Kliwon ditujukan untuk menghargai tradisi Jawa yang masih melihat hari tersebut sebagai hari baik. Misa ini dilakukan sekali dalam sebulan.

Misa inkulturasi atau percampuran dengan budaya setempat bukanlah hal baru bagi gereja Katolik. Sejak diputuskan dalam Konsili Vatikan II pada 1962, gereja Katolik kerap merangkul tradisi untuk diangkat menjadi bagian dari perayaan misa.(TOZ/Satya Pandia)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.