Sukses

Ritual Sedekah Laut di Semarang

Ratusan nelayan di Tambak Lorok, Semarang, Jateng, menggelar ritual sedekah laut sebagai wujud rasa syukur kepada Sang Pencipta. Ritual ini kali pertama setelah enam tahun absen akibat ketiadaan dana.

Liputan6.com, Semarang: Ratusan nelayan di Tambak Lorok, Semarang, Jawa Tengah, belum lama ini, menggelar ritual sedekah laut sebagai wujud rasa syukur kepada Sang Pencipta atas berkah tangkapan ikan sepanjang tahun yang telah lalu. Ritual kali ini terasa berbeda. Pasalnya baru kali ini mereka bisa kembali menggelar ritual ucapan syukur setelah enam tahun absen akibat ketiadaan dana.

Sejak pagi warga tampak antusias menyambut ritual sedekah laut. Berbagai sesaji pun telah disiapkan. Sesaji yang terdiri dari berbagai persembahan makanan, bunga, dan kepala kerbau ditempatkan pada sebuah tandu khusus. Setelah upacara dan doa dipanjatkan, sesaji itupun dibawa menuju perahu dengan diiringi tabuh-tabuhan dan rebana. Para nelayan kemudian membawanya ke tengah laut untuk dibuang sebagai persembahan.

Melalui ritual ini para nelayan berharap sepanjang tahun mendatang, mereka akan memperoleh keselamatan dan hasil tangkapan yang melimpah. Ritual ini kemudian diikuti dengan acara memandikan anak di pantai. Warga mempercayai dengan mandi di laut, anak-anak mereka akan memperoleh berkat di kemudian hari serta dijauhkan dari segala ancaman penyakit.(ORS/Yudi Sutomo dan Taufan Yudha)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini