Sukses

Kerangka Raja Sigi Dipindahkan

Pemerintah Sulteng memindahkan kerangka Raja Muda Sigi Karanja Lemba dari Sukabumi, Jabar, ke Desa Watunonju, Kabupaten Donggala, Sulteng. Ini bertuan untuk memudahkan perawatan sekaligus memperjuangkan Raja Sigi sebagai pahlawan nasional.

Liputan6.com, Donggala: Kerangka jenazah Raja Muda Sigi Karanja Lemba dimakamkan ulang di Desa Watunonju, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, belum lama ini. Sebelumnya jenazah raja masyarakat Kaili ini dimakamkan di Sukabumi, Jawa Barat, yang menjadi tempat pengasingan selama dibuang oleh Belanda.

Prosesi pemakaman ulang dilakukan dengan upacara adat Kaili di Gedung Juang Palu. Jenazah kemudian dibawa menuju pemakaman di Watunonju sekitar 20 kilometer arah selatan Kota Palu. Ribuan pelayat mengiringi prosesi ini.

Pemindahan kerangka Raja Sigi yang telah berusia puluhan tahun ini dilakukan atas inisiatif Pemerintah Provinsi Sulteng dengan biaya sekitar Rp 250 juta. Tindakan ini bertuan untuk memudahkan perawatan sekaligus memperjuangkan Raja Sigi sebagai pahlawan nasional.

Untuk informasi, Raja Muda Sigi Karanja Lemba pada tahun 1915 dibuang penjajah Belanda ke Sukabumi. Raja bergelar Toi Dompo ini ini wafat pada 1917 dan dimakamkan di Desa Cisaat, Sukabumi.(TOZ/Tim Liputan 6 SCTV)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini