Sukses

Jakarta Kembali Disesaki Pemudik

Arus balik dari Jawa dan Sumatra mulai berdatangan di sejumlah terminal dan stasiun kereta api di Jakarta. Seperti biasa, di antara mereka terlihat wajah-wajah baru yang siap mengadu nasib di Ibu Kota.

Liputan6.com, Jakarta: Arus balik yang melewati kawasan Pantai Utara Pulau Jawa (Pantura) mulai padat. Berdasarkan pantauan SCTV di Brebes, Jawa Tengah, Ahad (29/10) siang, di beberapa titik terjadi kemacetan. Untuk itu polisi menambah satu lajur jalan di Jalan Diponegoro, Brebes, yang mengarah ke Jakarta dan Cirebon, Jawa Barat. Potensi kemacetan di wilayah ini bukan hanya karena volume kendaraan yang meningkat, tapi juga disebabkan banyaknya toko-toko cendera mata di sepanjang jalan.

Sedangkan kendaraan yang melewati pintu Jalan Tol Kanci, Cirebon, siang ini terlihat jauh berkurang dibandingkan tadi malam. Jika sebelumnya tercatat setiap menit ada 83 kendaraan yang lewat, siang ini hanya 20 kendaraan. Ini membuktikan warga yang akan menuju Ibu Kota lebih menyukai perjalanan di malam hari ketimbang siang hari.

Sementara dari kawasan Cipanas, Cianjur, Jabar, dilaporkan arus kendaraan menuju Ciawi, Bogor, Jabar, cukup ramai. Bahkan di pintu masuk Taman Wisata Cibodas terjadi kemacetan. Hal ini menyebabkan polisi memgambil langkah mengalihkan arus kendaraan dari Cianjur atau Ciawi melalui jalur alternatif ke Kota Bunga.

Di Ibu Kota beberapa terminal dan stasiun kereta api mulai dipadati warga yang datang. Di Terminal Pulogadung, Jakarta Timur, misalnya, sekitar 300 angkutan umum yang membawa 15 ribu penumpang tiba sejak tadi pagi. Menurut beberapa pemudik, perjalanan mereka relatif lancar tanpa kemacetan berarti sepanjang perjalanan [baca: Terminal Pulogadung Mulai Padat].

Hal serupa terjadi di Terminal Kalideres, Jakarta Barat. Puluhan bus dari sejumlah kota dari Jawa dan Sumatra terus berdatangan sejak tadi pagi. Di antara penumpang tampak sejumlah wajah-wajah baru yang berniat mengadu nasib di Ibu Kota.

Adapun di Stasiun Kereta Api Senen, Jakarta Pusat, sekitar 20 rangkaian kereta telah tiba sejak dini hari tadi dari berbagai daerah di Pulau Jawa. Sekitar 10 ribu pemudik lagi diperkirakan tiba dengan kereta api pada hari ini.

Di Terminal Rajabasa, Bandar Lampung, Lampung, sejak pagi hingga siang ini sudah sesak dengan pemudik yang hendak kembali ke Jakarta serta kota-kota di sekitarnya seperti Tangerang, Bekasi, Bogor dan Depok. Banyak penumpang mengaku tidak mendapatkan angkutan menuju Pelabuhan Bakauheni, sehingga mereka harus menunggu lebih lama di terminal [baca: Pelabuhan Bakauheni Padat Pemudik].

Tak hanya calon penumpang yang menumpuk, kemacetan juga membuat terlambatnya angkutan umum tiba di Terminal Rajabasa. Pasalnya hari ini juga digunakan warga Lampung untuk berpelesir ke Pasir Putih dan Pulau Pasir. Untuk mencegah penumpukan penumpang Dinas Perhubungan berencana mengerahkan kendaraan tambahan.

Kondisi yang sama terjadi di Stasiun KA Kertapati, Palembang, Sumatra Selatan. Meski pihak Kereta Api Indonesia sudah menambah gerbong, penumpukan penumpang masih terjadi. Dibandingkan hari biasa diperkirakan hari ini terjadi kenaikan jumlah penumpang hingga 35 persen. Melonjaknya jumlah penumpang membuat pihak KAI menjual tiket untuk berdiri dalam batas toleransi keamanan.(ADO/Tim Liputan 6 SCTV)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini