Sukses

Alternatif Wisata, Masjid Tua di Pekojan

Kurang lebih ada lima masjid tua di Pekojan, Kota, Jakarta Barat, yang berusia antara dua hingga empat abad. Salah satunya adalah Masjid An-Nawier yang mampu menampung sekitar seribu anggota jemaah.

Liputan6.com, Jakarta: Kawasan Kota, Jakarta Barat, memang kaya peninggalan sejarah. Termasuk Pekojan, tempat berkembangnya warga keturunan India asal Koja dan warga keturunan Arab dari Hadramaut. Di kawasan kota tua ini ada sekitar lima masjid tua yang umurnya berkisar dua hingga empat abad. Barangkali berwisata ke masjid tua bisa menjadi pilihan untuk menghabiskan liburan Lebaran Anda.

Kaum saudagar India sekitar empat abad lampau mendirikan sejumlah masjid di Pekojan. Salah satunya adalah Masjid Al-Ansor yang kini berada dalam impitan rumah penduduk yang padat. Ke arah barat ada Masjid Raudah. Di tempat ini awalnya berdiri perkumpulan Jamiatul Khair, perkumpulan warga keturunan Arab awal abad ke-20. Sebagian bangunan masih dipertahankan, termasuk kolam untuk mengambil air wudu.

Selain itu, masih ada Masjid Az-Zawiyah yang dibangun Habib Ahmad bin Hamzah Alatas. Pada Lebaran hari ketiga, masjid ini ternyata masih ramai didatangi warga keturunan Arab.

Dan yang masih berdiri kokoh adalah Masjid An-Nawier yang mampu menampung sekitar seribu anggota jemaah. Masjid yang dibangun pada 1760 mempunyai menara tempat mengumandangkan azan sebelum ada alat pengeras suara. Selain tempat mengumandangkan azan, menara yang menyerupai mercusuar ini dahulu digunakan pula sebagai tempat persembunyian pejuang RI.(MAK/Satya Pandia)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.