Sukses

Alternatif Wisata, Masjid Tua di Pekojan

Liputan6.com, Jakarta: Kawasan Kota, Jakarta Barat, memang kaya peninggalan sejarah. Termasuk Pekojan, tempat berkembangnya warga keturunan India asal Koja dan warga keturunan Arab dari Hadramaut. Di kawasan kota tua ini ada sekitar lima masjid tua yang umurnya berkisar dua hingga empat abad. Barangkali berwisata ke masjid tua bisa menjadi pilihan untuk menghabiskan liburan Lebaran Anda.

Kaum saudagar India sekitar empat abad lampau mendirikan sejumlah masjid di Pekojan. Salah satunya adalah Masjid Al-Ansor yang kini berada dalam impitan rumah penduduk yang padat. Ke arah barat ada Masjid Raudah. Di tempat ini awalnya berdiri perkumpulan Jamiatul Khair, perkumpulan warga keturunan Arab awal abad ke-20. Sebagian bangunan masih dipertahankan, termasuk kolam untuk mengambil air wudu.

Selain itu, masih ada Masjid Az-Zawiyah yang dibangun Habib Ahmad bin Hamzah Alatas. Pada Lebaran hari ketiga, masjid ini ternyata masih ramai didatangi warga keturunan Arab.

Dan yang masih berdiri kokoh adalah Masjid An-Nawier yang mampu menampung sekitar seribu anggota jemaah. Masjid yang dibangun pada 1760 mempunyai menara tempat mengumandangkan azan sebelum ada alat pengeras suara. Selain tempat mengumandangkan azan, menara yang menyerupai mercusuar ini dahulu digunakan pula sebagai tempat persembunyian pejuang RI.(MAK/Satya Pandia)
    Artikel Selanjutnya
    Destinasi Modern Wonders Sekitar Bandung yang Perlu Anda Kunjungi
    Artikel Selanjutnya
    Syahdunya Salat Subuh Berjemaah Dekat Mercusuar Warisan Belanda