Sukses

Indonesia 60 Detik

Anak-anak di Kota Padang, Sumatra Barat, ramai-ramai bertamu ke setiap rumah berharap diberikan uang sebagai tanda Lebaran. Ketupat ketek, makanan khas warga Gresik, Jatim, menjadi hidangan wajib setiap Lebaran.

Tradisi Menambang di Hari Lebaranfont color="#ffff00">Liputan6.com, Padang: Lebaran membawa berkah bagi anak-anak di Kota Padang, Sumatra Barat, Selasa (24/10). Mereka beramai-ramai bertamu ke setiap rumah atau disebut menambang (menimba). Anak-anak itu tak mengincar kue Lebaran, melainkan berharap tuan rumah memberi uang sebagai tanda Lebaran. Tuan rumah pun sudah terbiasa sehingga tak keberatan.

Tradisi Saling Berkunjung

Palembang: Tradisi berlebaran dilakukan warga sebuah rukun tetangga di Kelurahan Lima Ilir di Kota Palembang, Sumatra Selatan. Usai salat Idulfitri mereka saling berkunjung ke rumah tetangga, tanpa memandang kaya atau miskin untuk bersilaturahmi. Tradisi ini pun bisa berlangsung hingga sore dan jika belum tuntas diselesaikan pada malam hari.

Kupat Ketek, Hidangan Khas Lebaran

Gresik: Ketupat ketek saat tiba Lebaran banyak disuguhkan warga Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Ketupat yang bahannya dari beras ketan ini memiliki rasa khas karena dimasaknya dengan air sumur yang mengandung minyak. Lokasi sumur mengandung minyak tersebut berdekatan dengan makam Sunan Giri.

Pedagang Soto Ayam di Kediri Kebanjiran Rezeki

Kediri: Puluhan pedagang soto ayam di kawasan Branggahan, Kediri, Jawa Timur mendapat berkah Lebaran. Para pembeli yang umumnya pemudik bernostalgia menikmati soto ayam yang sudah ada di kawasan itu sejak tahun 1967. Omzet pedagang pun mencapai satu juta rupiah per hari dibanding hari biasa hanya Rp 300 ribu.(AIS/Tim Liputan 6 SCTV)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.