Sukses

Wartawan Tunanetra Mitra Netra Online

Sejumlah penderita tunanetra berhasil membuktikan diri sebagai wartawan. Dalam situs www.mitranetra.or.id, isi beritanya dikerjakan seluruhnya oleh para wartawan tunanetra.

Liputan6.com, Jakarta: Sejumlah penderita tunanetra di Jakarta berhasil membuktikan diri sebagai jurnalis. Benarkah? Anda bisa buktikan dalam situs berita www.mitranetra.or.id, media yang dikerjakan oleh para wartawan tunanetra.

Salah satunya reporternya adalah Fitriana, sarjana lulusan Universitas Riau, yang bekerja di Mitra Netra Online sejak beberapa tahun silam. Saat ditemui SCTV di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan, belum lama ini, dia terlihat sibuk menulis berita di sebuah komputer khusus tunanetra usai pulang liputan. Komputer tersebut dilengkapi software pembaca layar yang berguna bagi penderita tunanetra dalam mengoperasikan komputer.

Sebelum dipublikasikan, naskah buatan Fitriana juga diedit oleh redaktur yang juga penderita tunanetra. Setelah proses editing selesai, berita akan dipublikasikan di website www.mitranetra.or.id milik Yayasan Mitra Netra tersebut.

Menurut Pemimpin Redaksi Mitra Online Aria Indrawati, medianya mempekerjakan tiga reporter dan dua redaktur tunanetra. Selain itu, pihaknya juga menerima berita dari beberapa kontributor tunanetra yang bekerja di sejumlah daerah.

Selain menyelenggarakan kegitan jurnalistik, Yayasan Mitra Netra ini juga memproduksi buku-buku untuk tunanetra. Setidaknya ada 856 judul buku untuk tunanetra yang kebanyakan merupakan buku pelajaran yang menggunakan huruf braile.(ZIZ/Anton Bahtiar dan Yuli Sasmito)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.