Sukses

Sukses, Cangkok Hati Pertama di Indonesia

Operasi cangkok hati pertama di Indonesia berhasil dilakukan RS dokter Kariadi, Semarang, Jateng. Upaya medis selama 13 jam lebih ini dilakukan dari seorang ibu kepada bayinya yang berusia 15 bulan.

Liputan6.com, Semarang: Tim medis Rumah Sakit dokter Kariadi, Semarang, Jawa Tengah, berhasil melakukan operasi cangkok hati, belum lama ini. Prestasi medis pertama di Indonesia ini dilakukan dari seorang ibu kepada bayinya yang berusia 15 bulan. Operasi selama 13 jam lebih ini ditangani 30 dokter.

Berdasarkan catatan medis tim dokter, bocah berusia di bawah lima tahun (balita) bernama Ulung Hara Hutama menderita cirrhosis cryptogenic atau tidak memiliki saluran empedu. Ciri-ciri penyakit ini tanda-tandanya adalah kulit yang menguning.

Dalam operasi dengan tingkat ketelitian tinggi ini, tim dokter mengambil 25 persen hati Suryanti, ibunda Ulung. Organ hati warga Jalan Puspowarno, Semarang, ini diperkirakan dalam dua hingga tiga bulan mendatang akan normal.

Menurut Soemantri, ketua tim dokter, tingkat kesulitan upaya medis kali ini terbilang tinggi. Sebab dalam satu operasi dokter harus menangani dua pasien sekaligus, yakni penerima donor dan pendonor. Pascaoperasi, balita tersebut akan menjalani pemeriksaan intensif di RS Kariadi.(ZIZ/Yudi Sutomo dan Taufan Yudha)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini