Sukses

Wali Kota Singkawang Disarankan Dipecat

Rapat paripurna DPRD Singkawang mengusulkan Wali Kota Awang Ishak dipecat karena dianggap tak layak menjadi pemimpin. Awang menilai keputusan anggota DPRD cacat hukum dan bisa dikategorikan makar.

Liputan6.com, Singkawang: Adegan mesum Wali Kota Singkawang Awang Ishak dengan teman wanitanya berbuntut panjang. Rapat Paripurna DPRD Kota Singkawang mengusulkan Awang dipecat karena dianggap tak mencerminkan sifat pemimpin serta melanggar norma etika dan agama. Demikian informasi yang dihimpun SCTV di Singkawang, Kalimantan Barat, Jumat (6/12).

Adegan selingkuh Awang dengan seorang perempuan di sebuah hotel di Jakarta itu telah beredar luas melalui internet dan telepon seluler. Dalam perbincangan keduanya sempat ada pengakuan teman wanita wali kota yang menyatakan sempat terlambat bulan setelah mereka berhubungan intim.

Video adegan bermesraan sang kepala daerah itu merebak setelah Awang menolak bertanggung jawab ketika teman wanitanya hamil. Adegan yang mereka rekam tahun silam itu akhirnya disebarluaskan teman wanita Awang karena kecewa.

Berdasarkan hasil penelitian panitia khusus, anggota Dewan akhirnya mengusulkan Awang dipecat. Keputusan itu juga diambil setelah mengkonfirmasi adegan itu dengan teman wanita Awang serta pendapat ahli telematika.

Menanggapi pemecatan itu, Awang menuding tindakan anggota DPRD Singkawang cacat hukum dan tak ubahnya makar. Pendukung Awang juga turun ke jalan dan menyegel Gedung DPRD sebagai wujud protes. Namun gedung dalam keadaan kosong karena seluruh anggota Dewan berada di Jakarta menyampaikan keputusan pemecatan itu ke Menteri Dalam Negeri dan Mahkamah Agung.(YAN/Amin Alkadrie)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.