Sukses

Tarawih Perdana, Ribuan Warga Memadati Masjid

Umat Islam di Ibu Kota memadati sejumlah masjid untuk melaksanakan salat tarawih perdana dalam Ramadhan 1427 Hijriah. Warga korban luberan lumpur PT Lapindo juga melaksanakan salat tarawih, meski dengan keprihatinan.

Liputan6.com, Jakarta: Umat Islam di Tanah Air memulai ibadah puasa di hari pertama dengan salat tarawih, Sabtu (23/9) malam. Sejumlah masjid di Ibu Kota dipenuhi umat Islam yang ingin menjalankan ibadah tarawih. Di Masjid Istiglal, Jakarta Pusat, misalnya. Ribuan warga memadati masjid yang diklaim sebagai terbesar di Asia Tenggara. Di masjid ini, para jemaah melaksanakan ibadah tarawih sebanyak 23 rakaat. Tapi tak ada larangan bagi jemaah yang ingin melaksanakannya sebanyak 11 rakaat saja.

Di Masjid Al-Azhar, Jakarta Selatan, ratusan jemaah juga memadati masjid dengan ibadah tarawih sebanyak 11 rakaat. Begitu juga di Masjid Guru Mughni, Gatot Subroto, Jakarta Selatan. Ratusan jemaah dari usia tua hingga anak-anak memadati masjid melaksanakan tarawih perdana Ramadan 1427 Hijriah. Ramadan kali ini disambut umat muslim dengan penuh harapan bisa menjalankan ibadah lebih baik dari pada tahun kemarin.

Kegiatan serupa juga dilakukan warga korban luberan lumpur PT Lapindo Brantas di Sidoarjo, Jawa Timur. Tadi malam, warga Desa Besuki, Kecamatan Jabon, yang berada di tenda pengungsian di sepanjang Jalan Tol Porong-Gempol di Kilometer 40 menjalani tarawih di sebuah masjid yang selamat dari rendaman lumpur. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, salat kali ini dilakukan tanpa ceramah.

Untuk mencapai masjid, warga harus berjalan kaki dari pinggiran jalan tol. Kendati begitu, warga masih beruntung mengingat air di masjid tersebut tak terkena lumpur. Dengan begitu, mereka masih bisa menggunakan air tersebut untuk berwudu. Meski ibadah berjalan dengan khusyuk, sebagian mereka tetap khawatir lumpur akan meluap lagi.(ORS/Tim Liputan 6 SCTV)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini