Sukses

Aktivitas Gunung Bromo Meningkat

Meningkatnya aktivitas Gunung Bromo, Probolinggo, Jatim, membuat status gunung ditingkatkan dari waspada menjadi siaga. Wisatawan yang hendak merayakan Yadnya Kasada di gunung itu tidak panik.

Liputan6.com, Probolinggo: Aktivitas Gunung Bromo, Probolinggo, Jawa Timur, Selasa (5/9) pagi, mengalami peningkatan sehari menjelang digelarnya Perayaan Yadnya Kasada 2006. Peningkatan ini nampak dari kepulan asap putih tebal dengan ketinggian antara 75 sampai 100 meter. Status gunung yang sebelumnya waspada kini meningkat menjadi siaga.

Dengan peningkatan itu, Muhammad Safii, petugas pos pengamatan Gunung Bromo, menghimbau agar seluruh warga tidak mendekat dalam radius satu kilometer dari kawah gunung. Meski terjadi peningkatan aktivitas, tak terlihat kepanikan sejumlah wisatawan domestik maupun manca negara yang telah hadir untuk menyaksikan Perayaan Yadnya Kasada.

Sejak akhir Agustus, getaran Tremor Vulkanik terjadi terus-menerus dengan amplitudo 0,5 hingga 5 meter. Bahkan awal September, getaran Tremor Vulkanik makin meningkat antara 20-28 meter. Sejak itu Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi meningkatkan status dari normal menjadi waspada.(MAK/Dandy Arigafur)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.