Sukses

Badai Ernesto Mulai Melemah

Badai tropis Ernesto yang mulai melemah meninggalkan kerusakan di beberapa wilayah Negara Bagian Florida, AS. Sementara badai John tengah mengancam kawasan wisata Acapulco di selatan Meksiko.

Liputan6.com, Tallahassee: Badai tropis Ernesto yang menerjang Florida, Amerika Serikat, mulai melemah dan meninggalkan kerusakan di beberapa wilayah negara bagian itu, baru-baru ini. Ernesto hanya membawa angin berkekuatan 50 kilometer per jam serta hujan deras. Kendati demikian dua orang dilaporkan tewas akibat kecelakaan saat hujan deras. Sebelumnya badai yang sama juga menelan dua korban jiwa di Haiti.

Badai Ernesto kini tengah menuju wilayah South Carolina dan North Carolina. Gubernur Negara Bagian South Carolina, Mark Sanford, telah memobilisasi 250 personel Garda Nasional untuk menangani lalu lintas jika ada perintah evakuasi. Sedangkan Gubernur Negara Bagian North Carolina, Mike Easley, telah menyiagakan personel untuk persiapan jika terjadi banjir dan padamnya jaringan listrik.

Sementara itu badai John saat ini tengah mengancam wilayah wisata di selatan Meksiko dan dilaporkan menguat hingga berkategori empat. Hujan deras serta angin kencang mulai dirasakan warga di kawasan wisata Pantai Acapulco. Badan meteorologi setempat menghimbau warga untuk bersiap jika badai menerjang. Pemerintah di Kota Ixtapa dan Zijuatanejo menutup pelabuhan kapal kecil serta menyiapkan tempat penampungan pengungsi sementara jika diperlukan.

Pusat Badai Nasional di Miami, AS, menyebutkan badai John akan mulai memasuki wilayah pantai selatan Puerto Vallarta pada Kamis dini hari dan kemudian menerjang daratan pada pagi hari.(ADO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini