Sukses

Badai Ernesto Menuju Florida

Beberapa wilayah di Negara Bagian Florida, AS, mulai merasakan dampak badai tropis Ernesto. Warga diimbau waspada karena hujan lebat dan angin kencang bisa menimbulkan banjir dan tanah longsor.

Liputan6.com, Florida: Hujan lebat mengguyur beberapa wilayah utama Negara Bagian Florida, Amerika Serikat, Selasa (29/8). Ini adalah dampak badai tropis Ernesto yang tengah menuju wilayah itu. Pusat topan nasional AS memperkirakan, penguatan badai tropis Ernesto tak sampai tingkatan topan.

Badai Ernesto sampai tengah hari kemarin tercatat membawa angin hingga berkekuatan 45 mil per jam. Tapi bisa meningkat hingga 74 mil per jam sebelum melintasi wilayah Florida. Kendati tak begitu besar, warga diimbau untuk tetap waspada karena hujan deras dan angin kencang bisa menimbulkan bencana sekunder seperti banjir dan tanah longsor. Pejabat pemerintah setempat juga menyerukan kepada warga untuk memiliki persediaan makanan untuk tiga hari ke depan.

Sementara itu, beberapa warga juga terlihat mulai mengungsi ke tempat yang lebih aman seperti di aula sekolah. Tempat pengungsian ini dikoordinir palang merah setempat. Tak hanya itu, sejumlah tempat pengisian bahan bakar mulai dipadati antrean kendaraan.

Badai tropis Ernesto telah menelan dua korban jiwa saat menerjang Haiti. Sedangkan di Kuba dilaporkan tidak ada kerusakan atau korban jiwa saat badai melintasi negara itu.(IAN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.