Sukses

Hutan Kali Pesanggrahan, Cinta Chaeruddin pada Alam

Chaerudin dan warga Karang Tengah, Lebak Bulus, Jaksel, bahu-membahu menghijaukan bantaran Kali Pesanggrahan. Tempat yang pernah kumuh dan kotor itu kini menjelma menjadi kawasan hijau asri.

Liputan6.com, Jakarta: Bantaran Kali Pesanggrahan di wilayah Karang Tengah, Lebak Bulus, Jakarta Selatan tampak hijau dan segar. Pepohonan rindang berbagai jenis dan ratusan tanaman obat menjadi penghias taman kecil di pinggir sungai. Meski tak jernih, air Kali Pesanggrahan mengalir lancar dan bersih dari sampah.

Tak ada yang mengira jika taman tersebut, medio 1970-an, adalah kawasan kumuh penuh sampah. Namun di tangan Chaerudin, bantaran sungai berubah menjadi asri. Bersama Kelompok Tani Sangga Buana yang dipeloporinya, Chaerudin bekerja bakti membersihkan sampah. Puluhan batang pohon berbagai jenis juga ditanam di tempat itu.

Jerih payah Chaerudin dan kawan-kawan tak sia-sia. Tempat itu kini menjelma menjadi kawasan hijau asri. Sesuai namanya yaitu Pesanggrahan, taman itu menjadi tempat berkumpul atau musyawarah. Bantaran Kali Pesanggrahan juga menjadi lokasi percontohan kegiatan pelestarian alam termasuk laboratorium alam untuk pengembangan ilmu botani. Tak sedikit pula warga yang berwisata menikmati kesejukan dan kerindangan pepohonan.

Tak berlebihan jika berbagai penghargaan dianugerahkan untuk upaya pelestarian hutan Kali Pesanggrahan. Berbagai predikat disematkan mulai tingkat Kota Jakarta Selatan pada 2000 hingga tingkat internasional dengan kategori Best Practice pada 2002 di Dubai.

Keteladanan Chaerudin dan warga Karang Tengah melestarikan bantaran Kali Pesanggrahan adalah langkah kecil yang sungguh berarti. Paling tidak, banyak orang bisa belajar mencintai alam. Sekaligus mendalami pengetahuan merawat lingkungan.(TOZ/Teguh Dwi Hartono)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini