Sukses

Gunung Karangetang Berstatus Awas

Status Gunung Karangetang di Kepulauan Sangihe, Sulut, menjadi awas setelah adanya pijaran lava serta gempa vulkanik. Warga sekitar belum mau mengungsi karena menganggap gejala itu hal biasa.

Liputan6.com, Tahuna: Setelah Gunung Merapi di Pulau Jawa, aktivitas Gunung Karangetang di Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, juga meningkat. Tanda-tanda aktifnya gunung ini mulai terdeteksi pekan kedua Juli silam. Saat itu petugas pemantau mencatat adanya pijaran lava serta gempa vulkanik. Status gunung berapi di perbatasan Indonesia dengan Filipina tersebut kini menjadi awas setelah pertengahan April silam berstatus siaga [baca: Dua Gunung Berstatus Siaga, 12 Waspada].

Kendati sudah diimbau untuk meninggalkan desanya, warga Desa Bobali yang tinggal di kaki Gunung Karangetang belum bersedia mengungsi. Mereka menilai aktivitas seperti adanya lava pijar dan gempa vulkanik sudah biasa terjadi. Bahkan kegiatan menambang pasir di sungai Batu Awang Siau yang tepat berada di kaki gunung masih berlangsung seperti biasa.

Untuk mengantisipasi keadaan pemerintah daerah telah menyiapkan kendaraan dan tempat pengungsian yang aman bila sewaktu-waktu gunung meletus. Sementara petugas pemantau gunung telah meminta warga menghentikan aktivitas di tiga sungai yang menjadi aliran lava, salah satunya Sungai Batu Awang Siau.(ADO/Aldrien Arief)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini