Sukses

Diduga Sesat, Pondok Pengajian di Langkat Dibakar

Diduga sesat, pondok tarekat Satariah Sahid di Desa Stabat Lama, Langkat, Sumut, dibakar puluhan orang tak dikenal. Tarekat ini melarang umat mengikuti ajaran Nabi Muhammad sebab beliau telah meninggal.

Liputan6.com, Langkat: Puluhan orang tak dikenal membakar pondok pengajian tarekat Satariah Sahid di Desa Stabat Lama, Langkat, Sumatra Utara, belum lama ini. Pondok pengajian dibakar karena diduga mengembangkan ajaran sesat.

Pembakaran terjadi saat warga sedang tidur. Sejumlah penduduk curiga kegiatan di pondok pengajian itu memang sesat. Namun sebagian warga lain mengaku tidak tahu kegiatan di pondok, selain pengajian. M. Darusallam, Kepala Desa Stabat Lama, membenarkan kegiatan pengajian telah berlangsung lama. Pihaknya juga mengaku telah melaporkan hal ini pada Majelis Ulama Indonesia setempat.

Pihak pondok pengajian telah mengadukan kasus ini ke polisi. Sementara pimpinannya, Dedi Antoni sedang dimintai keterangan oleh polisi sebagai saksi. Sejauh ini polisi masih menyelidiki kejadian ini.

Pondok pengajian ini adalah cabang tarekat Satariah Sahid di Belawan, Sumut, yang jumlah pengikutnya mencapai ratusan orang. Salah satu ajaran kelompok ini adalah melarang umat Islam mengikuti ajaran Nabi Muhammad SAW sebab beliau telah meninggal dunia.(MAK/Fery Effendy)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.