Sukses

Aksi Kesetiaan Terhadap Pancasila

Abdurrahman Wahid, Megawati, dan Akbar hadir di Bandung dalam acara jalan santai memperingati Hari Kelahiran Pancasila. Selain menegaskan kesetiaan pada pancasila, acara ini juga untuk menggalang dana bagi korban gempa.

Liputan6.com, Bandung: Sekitar 60 ribu warga Bandung, Jawa Barat mengikuti jalan santai dalam rangka memperingati Hari Kelahiran Pancasila, baru-baru ini. Jalan santai diawali di depan Kantor Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Jabar dan berakhir di Gedung Merdeka di Jalan Asia Afrika yang berjarak sekitar lima kilometer.

Sejumlah tokoh nasional hadir dalam acara ini. Di antaranya dua mantan presiden, Abdurrahman Wahid dan Megawati Sukarnoputri, serta bekas Ketua DPR Akbar Tandjung. Terlihat pula penyair W.S. Rendra. Dalam pidatonya, Megawati menekankan peringatan Hari Kelahiran Pancasila untuk mempertahankan persatuan dan kesatuan seluruh warga Indonesia.

Acara ini juga untuk menunjukkan solidaritas bagi korban gempa bumi di Yogyakarta dan Jawa Tengah. Untuk mengumpulkan dana bantuan, panitia melelang foto keluarga mantan Presiden Soekarno. Enam koleksi foto keluarga Bung Karno terjual dan terkumpul dana Rp 121 juta. Dana yang terkumpul tersebut akan langsung diberikan kepada para korban gempa.

Para tokoh politik nasional ini sebelumnya memperingati Hari Kelahiran Pancasila di kediaman mantan Wakil Presiden Try Sutrisno. Dalam pidatonya di Gedung Proklamasi, kawasan Pegangsaan, Jakarta Pusat, mereka menyikapi seputar imbas kenaikan harga bahan bakar minyak dan pupuk [baca: Tokoh Politik Memperingati Kelahiran Pancasila].(JUM/Patria dan Taufik Hidayat)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini