Sukses

Gunung Karthala Masih Menyemburkan Lava Pijar

Meski aktivitas vulkaniknya menurun, Gunung Karthala di Pulau Grande Comore terus menyemburkan lava pijar. Ini diketahui melalui rekaman video amatir yang diambil Julie Morin bersama tim Universitas Reunion.

Liputan6.com, Moroni: Kawah Gunung Karthala di Kepulauan Komoro, masih bergejolak. Hal itu diketahui melalui rekaman video amatir yang diambil Julie Morin bersama tim vulkanologi dari Universitas Reunion, Kamis (1/6). Kendati demikian aktivitas vulkanik gunung yang meletus pada Ahad silam itu telah berkurang.

Morin berhasil merekam aktivitas lava pijar tersebut melalui helikopter yang melintas tepat di atas kawah. Gunung Karthala meletus pada Ahad silam dengan mengeluarkan semburan lava pijar dan asap tebal ke udara. Letusan gunung setinggi 2.361 meter dari atas permukaan laut ini tidak menimbulkan korban. Tapi saat itu sejumlah warga Moroni, ibu kota Komoro, yang berada 15 kilometer dari kawah gunung ramai-ramai mengungsi.

Gunung Karthala terakhir kali meletus November tahun silam. Waktu itu asap tebal yang keluar dari kawah gunung berlokasi di Pulau Grande Comore itu memaksa puluhan ribu warga mengungsi.(AIS/Yes)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.