Film Ekskul, Kisah Siswa SMA yang Tertekan

on

Liputan6.com, Jakarta: Sebuah film layar lebar terbaru bikinan anak negeri kembali menyapa penggemar film Indonesia. Film Ekskul yang disutradarai Nayato akan mulai beredar pekan ini di sejumlah bioskop di Tanah Air. Film produksi Indika Entertainment dibintangi nama-nama baru seperti VJ Ramon dan Metta Yunatria.

Ekskul berkisah tentang Joshua (VJ Ramon), seorang pelajar sekolah menengah atas yang terguncang jiwanya karena berbagai tekanan, baik di rumah maupun di sekolah. Puncaknya Joshua kemudian menyandera teman-teman sekolahnya, termasuk Kattie (Metta) sebab tak tahan lagi dengan kelakuan buruk mereka.

Menurut Shanker, sang produser, cerita film ini diangkat dari berbagai kejadian nyata, baik di Indonesia maupun luar negeri. Ia melihat hingga kini masih banyak terjadi aksi perploncoan dan penyiksaan di sekolah-sekolah maupun perguruan tinggi. "Berdasarkan ide-ide ini saya melihat mengapa ini tak kita jadikan sebuah film. Dan kebetulan Pak Eka [D. Sitorus--penulis skenario] sudah punya ide kayak gitu," kata Shanker saat berbincang dengan Winnie Arnold dalam Liputan 6 Pagi, Ahad (21/5).

Eka D. Sitorus mengamini pernyataan Shanker. Meski begitu, cerita ini diakui Eka berangkat dari pengalaman pribadinya. Tetapi dengan mempertimbangkan juga ide-ide yang masuk padanya. "Mudah-mudahan orang bisa belajar [dari film ini], terutama para orang tua. Jangan suka sembarangan ke anak-anak [sebab] dampaknya [akan dialami] ketika mereka dewasa," harap Eka.

Berbeda dengan film-film Indonesia lain, film Ekskul berani memasang Metta dan Ramon, dua nama yang terbilang baru dalam jagad akting Tanah Air. Tentang putusan ini, Shanker beralasan sebuah film bagus karena unsur cerita yang kuat dan sutradara yang menggarap bagus. Nama pemain akan terangkat karena filmnya bermutu.

Eka sendiri memuji akting Metta dan Ramon. "Satu disiplin, dua dedikasi sebagai pemain," puji Eka mengenai kelebihan kedua pendatang muda.

Metta yang sebelumnya terkenal sebagai model dalam reality show Cantik Indonesia menyatakan mendapat pelajaran akting berharga dari Eka. Sebelumnya, kedua pemain ini mendapat gemblengan akting dari Eka. "Benar-benar baru terasa [akting]," ucap cewek manis ini. Pernyataan senada diungkapkan Ramon. Dunia akting diakui cowok ini sebagai hal baru baginya. "Ini pelajaran baru buat gue," Ramon menjelaskan.

Shanker merencanakan film ini juga akan diedarkan ke sejumlah negara seperti Malaysia. Selama ini pihak pemasaran film lokal belum pernah melirik pasar penduduk Indonesia yang bermukim di luar negeri. "Walaupun uangnya enggak terlalu besar... Tapi marketing kita belum serius," tutur dia.(MAK)

Suka artikel ini?

0 Comments