Sukses

Fatah dan Hamas Saling Unjuk Kekuatan

Pendukung kelompok Hamas dan Fatah turun ke jalan menunjukkan dukungan terhadap pemimpin masing-masing PM Ismail Haniyah dan Presiden Mahmud Abbas. Mereka turun ke jalan membawa senjata.

Liputan6.com, Gaza: Hubungan dua kelompok besar Palestina, Hamas dan Fatah memanas. Kamis (18/5), kedua kelompok massa sama-sama menggelar aksi dukungan terhadap pemimpin masing-masing yakni Perdana Menteri Ismail Haniyah dan Presiden Mahmud Abbas. Mereka turun ke jalan di sejumlah kota sambil membawa senjata. Tak ada bentrokan dalam kejadian ini.

Ribuan tentara dan polisi Palestina pendukung Faksi Fatah yang dibawahi Presiden Abbas unjuk kekuatan di Kota Gaza. Mereka berlari di ruas-ruas jalan di Gaza hanya beberapa meter dari lokasi ratusan anggota pasukan milisi Hamas yang baru dikerahkan oleh PM Ismail Haniyeh beberapa jam sebelumnya.

Ketegangan antara Hamas dengan Fatah juga terjadi di Kota Tulkarem, Tepi Barat. Politisi senior Hamas yang juga Deputi Perdana Menteri Nasser Shaer terpaksa menghentikan pertemuan dengan gubernur distrik setempat karena militan Brigade Martir Al-Aqsa dari Faksi Fatah mengepung gedung pertemuan. Shaer bahkan harus meninggalkan Tulkarem di bawah penjagaan ketat polisi karena anggota militan Al-Aqsa melepaskan tembakan ke udara.

Sejak Hamas naik ke tampuk pemerintahan beberapa bulan silam, Presiden Abbas mencoba mempertahankan pengaruhnya terhadap kelompok Hamas. Abbas mengembangkan kekuasaannya untuk membawahi ke-enam cabang pasukan keamanan Palestina. Tapi, Hamas merespons dengan membentuk pasukan milisi sendiri berkekuatan 3.000 personel yang sebagian besar berasal dari salah satu sayap militannya, Izzedine Al-Qassam.(ORS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini