Sukses

Kapal Perang USS Oriskany Diledakkan

Kapal Induk USS Oriskany diledakkan Angkatan Laut AS di Teluk Mexico. Kapal perang yang pernah digunakan dalam perang Vietnam dan Korea ini dikaramkan karena sudah tua dan proyek karang koral buatan.

Liputan6.com, Teluk Mexico: Angkatan Laut Amerika Serikat meledakkan Kapal Induk USS Oriskany di Teluk Mexico. Kapal perang yang pernah digunakan dalam perang Vietnam dan Korea ini dikaramkan karena sudah tua dan pensiun. Begitu juga untuk proyek menjadikan kapal militer tua sebagai karang koral buatan.

Setidaknya dibutuhkan lebih dari 220 kilogram bom plastik untuk meledakkan kapal perang ini. Setelah 45 menit diledakkan, Kapal USS Oriskany ini kemudian tenggelam dengan sendirinya.

Peledakan kapal militer ini juga diharapkan dapat membentuk karang koral buatan terbesar di dunia. Sejumlah veteran perang yang pernah menggunakan Kapal USS Oriskany sepanjang operasinya turut hadir dalam aksi ini. Adapun peledakan kapal ini rencananya dilakukan dua tahun silam. Namun tertunda beberapa kali karena terjadinya sejumlah badai dan izin amdal yang belum keluar.

Kapal USS Oriskany ini mempunyai panjang hampir tiga ratus meter. Selain perang Vietnam dan Korea, kapal ini juga pernah digunakan mantan Presiden John F. Kenedy saat unjuk kekuatan kepada Kuba pada 1962. Saat itu tengah terjadi krisis rudal Kuba.

Sementara itu, USS Oriskany menjadi kapal pertama yang ditenggelamkan dengan sengaja oleh US Navy untuk proyek menjadikan kapal militer tua sebagai karang koral buatan. Nantinya bangkai kapal ini dapat dikunjungi para pencinta olah raga menyelam.

Sedangkan biaya yang dikeluarkan pemerintah AS untuk menenggelamkan kapal militer ini mencapai US$ 20 juta. Namun keuntungan ekonomi yang bisa didapat dari sebuah karang koral buatan diperkirakan dapat mencapai US$ 92 juta per tahun.(ZIZ/Idr)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.