Sukses

Kerusakan Hutan Masih Berlanjut

Akibat kerusakan hutan yang terus terjadi, hampir seluruh hutan di Indonesia rusak parah. Direktur Eksekutif Walhi berharap, pemerintah mengurangi pemberian konsesi pengolahan hutan.

Liputan6.com, Jakarta: Kerusakan hutan di Indonesia masih terus berlanjut. Kerusakan hutan disebabkan pemberian konsesi pada perusahaan pemerintah dan swasta untuk pembukaan dan pengolahan hutan. Demikian disampaikan Direktur Eksekutif Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Chalid Muhammad di Jakarta, Selasa (25/4).

Menurut Chalid, hampir seluruh hutan di Indonesia rusak parah, terutama di Pulau Jawa, Sumatra, Kalimantan, dan Sulawesi. Bahkan kerusakan hutan mulai terjadi di Papua. Sebenarnya, kerusakan hutan pada tahun silam sudah menurun dibandingkan tahun 2003. Penurunan terjadi karena bahan baku memang sudah tidak ada.

Chalid menambahkan, kerugian akibat kerusakan hutan mencapai Rp 30 triliun per tahun. Lantaran itulah, dia berharap pemerintah mengurangi pemberian konsesi pengolahan hutan alias memperbanyak wilayah konservasi atau perlindungan hutan.(DNP/Daeng Tanto)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.