Sukses

Aktivitas Gunung Merapi Kian Meningkat

Berdasarkan pantauan SCTV dari atas udara Gunung Berapi, tampak asap sulfatara yang merupakan indikasi meningkatnya aktivitas gunung itu. Tercatat, sebanyak 204 gempa vulkanik terjadi dalam dua hari terakhir.

Liputan6.com, Yogyakarta: Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kegunungapiaan (BPPTK) mencatat aktivitas Gunung Merapi terus meningkat. Tercatat, sebanyak 204 gempa vulkanik terjadi dalam satu hari pada dua hari terakhir ini. Ini jauh lebih tinggi dari gempa vulkanik yang terjadi sebanyak 156 kali pada hari sebelumnya.

Berdasarkan pantauan SCTV dari atas udara Gunung Berapi pada Selasa (25/4) pagi tadi, di bagian kawahnya tampak asap sulfatara yang merupakan indikasi meningkatnya aktivitas gunung tersebut. Pantauan udara ini dilakukan dengan menggunakan pesawat Cesna T-41D milik TNI Angkatan Udara.

Beberapa tahun terakhir ini, siklus meletusnya Gunung Merapi memang terus berubah dan cenderung makin pendek. Sebab, awalnya dalam waktu 10 tahun hingga 20 tahun satu kali letusan terjadi. Namun dalam waktu 3 tahun hingga 4 tahun terkakhir ini empat kali letusan terjadi. Dengan kondisi ini, Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta terus mengingatkan warga di sekitar lereng Gunung Merapi untuk tetap waspada [baca: Pemkab Sleman Membangun Kandang Evakuasi Sapi].(ZIZ/Winny Arnold dan Hengky Rahman)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini