Sukses

Demam Harta Karun Melanda Semarang

Warga Desa Wonosari Brintik, Semarang, Jateng, sibuk menggali tanah untuk mencari harta karun. Sejumlah warga mengaku menemukan stupa emas, lempengan perunggu, dan benda berupa tutup guci.

Liputan6.com, Semarang: Dalam beberapa hari terakhir, warga Desa Wonosari Brintik, Semarang, Jawa Tengah, rajin menggali tanah di wilayahnya. Ini dilakukan setelah berembus kabar adanya emas yang terkubur di dalam tanah. Isu tersebut diperkuat cerita ada sejumlah warga yang telah menemukan emas dan menjualnya ke toko terdekat.

Saat ditemui SCTV, belum lama ini, perburuan harta karun bahkan berlangsung di kawasan Pekuburan Umum Bergota, Randusari, Semarang. Warga yakin emas-emas yang ditemukan adalah peninggalan keluarga Adipati Semarang yang dimakamkan di kawasan tersebut.

Seorang warga menuturkan sedikitnya enam orang telah menemukan emas berbentuk stupa. Beberapa di antaranya laku dijual Rp 800 ribu. Hal itu dibenarkan warga lain yang mengklaim mendapati lempengan perunggu dan benda berupa tutup guci. Sejauh ini, Dinas Purbakala Pemerintah Kota Semarang belum menyimpulkan asal-muasal temuan tersebut.(TOZ/Yudi Sutomo dan Taufan Yudha)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini