Sukses

Kampanye untuk Melestarikan Ikan Duyung

Sekitar 60 orang dari Seaworld Indonesia berkampanye untuk kelestarian ikan duyung di Bundaran HI, Jakpus. Populasi hewan mamalia yang banyak ditemukan di pantai timur Indonesia ini tinggal seratusan.

Liputan6.com, Jakarta: Populasi ikan duyung atau dugong dugon di perairan Nusantara kini hanya tinggal sekitar 100 ekor. Untuk itu, Sabtu (8/4), siang sekitar 60 orang dari Seaworld Indonesia berkampanye mengajak pengguna jalan di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat, untuk melestarikan mamalia laut ini. Mereka membagi-bagikan stiker dan membawa boneka ikan duyung sebagai simbol keprihatinan semakin punahnya ikan jenis ini.

Ikan duyung adalah sosok ikan yang cantik seperti yang digambarkan dalam legenda putri duyung. Ikan jenis ini hanya hidup di daerah tropis. Selain rusaknya habitat rumput laut, perburuan ilegal juga menjadi salah satu faktor hampir punahnya hewan air ini. Dugong dugon biasanya hidup serta berkembang biak di perairan laut dangkal dan tenang. Ikan ini beranak setiap dua tahun sekali. Di Indonesia, ikan duyung banyak ditemukan di pantai kawasan timur.(MAK/Erlangga Wisnuaji dan Irfan Efendi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini