Sukses

Pesawat Misionaris Mendarat Darurat di Wamena

Sembilan penumpang, termasuk awak, selamat dari pendaratan darurat pesawat Association Mission Aviation di Bandara Wamena, Papua. Para penumpang segera berhamburan keluar begitu pesawat berhenti.

Liputan6.com, Wamena: Sebuah pesawat milik Association Mission Aviation (AMA) yang terbang dari Yahukimo mendarat darurat di Bandar Udara Wamena, Papua, Kamis (30/3). SCTV merekam detik-detik pendaratan darurat akibat kerusakan roda sebelah kanan dan kepanikan penumpang saat berhamburan menyelamatkan diri.

Pesawat mendarat dalam kondisi miring ke kanan dan berhenti di luar landasan. Sembilan penumpang, termasuk awak pesawat, segera keluar dan disambut paramedis. Tidak ada penumpang yang cedera namun dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah Wamena karena shock.

Dave, sang pilot, mengatakan telah menemukan gejala ketidakberesan pada roda kanan saat baru tinggal landas (take off) dari Yahukimo. Dia melaporkan hal ini ke menara Bandara Wamena. Sebelum mendarat pesawat sempat berputar 10 kali untuk mencari pendaratan yang aman.

Karena bahan bakar sudah hampir habis, akhirnya si pilot memutuskan untuk mendaratkan pesawat dengan satu roda. Tampaknya keputusan yang diambil pilot berhasil hingga pesawat mendarat dengan selamat. Dave merasa Tuhanlah yang menyelamatkan pesawat dan seluruh penumpangnya.

Awal Januari silam, pesawat misionaris juga jatuh di Desa Pukin, Distrik Borme, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua. Pesawat kecil yang dipiloti Willy Poco dan penumpang Alex Rumbarel ini jatuh dalam penerbangan dari Bandara Sentani, Jayapura, ke Kabuaten Pegunungan Bintang. Berdasarkan data AMA, sejak perusahaan penerbangan ini beroperasi 64 tahun silam, sudah terjadi 15 kali kecelakaan pesawat. Jumlah korban tewas mencapai tujuh orang [baca: Pesawat Misionaris Jatuh di Papua].(TNA/Rico Siregar)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini