Sukses

Robot Anjing Bermain Sepak Bola

Pelatih tim robot anjing Jerman, Hild dan Jungel sedang sibuk mempersiapkan pasukannya untuk berlaga di piala dunia antar-robot, Juni mendatang. Prestasi robot anjing Jerman telah dua kali meraih gelar juara dunia.

Liputan6.com, Berlin: Sepak bola tidak hanya bisa dimainkan manusia. Robot pun bisa beradu kelincahan mengolah si kulit bundar. Tidak sekadar iseng bermain, para robot juga bertanding dalam piala dunia antar-robot yang digelar Juni mendatang. Keseriusan mempersiapkan robot yang bakal berlaga di ajang ini terlihat jelas di Berlin, Jerman, baru-baru ini.

Tim inti Jerman beranggotakan robot anjing. Layaknya pemain bola sungguhan, robot hewan yang biasa untuk menjaga rumah ini dengan penuh semangat mengejar bola. Dengan menggunakan mulut dan kaki, anjing-anjing besi itu membawa si kulit bundar menuju gawang lawan.

Prestasi robot anjing seakan tak mau kalah dengan prestasi kesebelasan nasional Jerman yang akan bertindak sebagai tuan rumah Piala Dunia 2006. Tim yang dilatih dua mahasiswa pascasarjana Universitas Humboldt, Manfred Hild (37 tahun) and Matthias Jungel (28 tahun) telah meraih dua gelar juara dunia. Mereka mengalahkan kehebatan robot anjing Amerika Serikat, Australia, dan Jepang.

Pada Juni nanti, Hild dan Jungel berencana kembali mempertahankan gelar juara. Keduanya juga akan memperkenalkan anggota baru berupa robot manusia. Namun membuat robot manusia lebih sulit daripada robot anjing, sehingga rencana itu belum tentu dapat terwujud.(JUM/Yes)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini