Sukses

Ketat Perolehan Suara Sementara Pilkada Papua

Untuk sementara, kandidat gubernur Papua Constan Karma, Lukas Enembe, dan Barnabas Suebu saling berebut suara di 11 TPS di Jayapura. Sedangkan pasangan Lukas Enembe-Robbi Aiturauw unggul di pegunungan.

Liputan6.com, Jayapura: Empat pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Papua saling kejar dalam hasil sementara penghitungan suara pemilihan kepala daerah di Kota Jayapura, Jumat (10/3). Di 11 tempat pemungutan suara di Jayapura terjadi persaingan ketat antara duet Constan Karma-Donatus Motte, Lukas Enembe-Haji Robbi Aiturauw, dan Barnabas Suebu-Alex Hesegem.

Di Kabupaten Biak dan Merauke, Barnabas-Alex bersaing ketat dengan Constan-Donatus Di Kota Jayapura, perolehan suara sementara masih relatif seimbang antara Lukas-Robbi, Constan-Donatus, John Ibo-Paskalis Kossy, dan Barnabas Suebu. Sedangkan Lukas-Robbi Aiturauw untuk sementara unggul di daerah pegunungan, yakni Kabupaten Jayawijaya, Mimika, Puncak Jaya, Tolikara, Yahukimo, dan Paniai.

Secara umum, pemilihan langsung gubernur dan wakil gubernur Papua secara serentak di 19 kabupaten dan satu kota madya ini berjalan aman dan lancar. Meski begitu, sejumlah warga yang tidak terdaftar sebagai pemilih sempat marah dan merusak TPS di sebuah kelurahan di Jayapura [baca: Perusakan TPS Mewarnai Pilkada di Papua]. Penghitungan suara sudah dimulai sejak pukul 12.00 WIT.

Hingga kini, Komisi Pemilihan Umum setempat masih menunggu hasil penghitungan suara dari TPS. Sementara di Kabupaten Kerom, pemilihan umum di tujuh TPS belum dilaksanakan karena terendam banjir.(TNA/Ruba`i Kadir)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.