Sukses

Musik Asimilasi Budaya Cina-Indonesia Mengalun Indah

Lagu-lagu daerah dari Cina dan Indonesia yang dimainkan The Indonesian Chinese Music Orchestra, membuktikan adanya asimilasi dua budaya kedua negara. Pertunjukan diadakan di Gedung Kesenian, Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta: Alunan musik dan lagu tradisional mengalun indah dalam sebuah pertunjukan di Gedung Kesenian, Jakarta, Kamis (9/3) malam. Lagu-lagu daerah yang dimainkan dari alat-alat musik yang terdengar, terasa kental nuansa dan rasa kebudayaan Cina. Sentuhan musik itu, mampu dibawakan dengan apik oleh The Indonesian Chinese Music Orchestra di dalam pertunjukan tersebut.

Bunyi dawai erhu (alat musik gesek tradisional Tiongkok) atau Chinese Violins yang dimainkan Awi Kastro misalnya, yang didukung The Indonesian Chinese Music Orchestra. Alunannya mengambarkan curahan hati seorang seniman tunanetra yang banyak mengalami penderitaan dalam hidupnya.

Lagu tradisional Cina itu hanya salah satu dari sekian banyak lagu Negeri Tirai Bambu dan Indonesia yang dimainkan. Demikian pula lagu Sinanggar Tulo dari Sumatra Utara dan Keroncong Kemayoran dari Betawi. Semuanya adalah bukti asimilasi dua budaya yang pernah memiliki ikatan masa lampau. Karena itu, pertunjukan musik ini diharapkan dapat lebih mempererat hubungan Indonesia-Cina yang sudah terjalin sejak lama.(AIS/Heru Budi dan Mohammad Akhem)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini