Sukses

Ratusan Warga Bekasi Berunjuk Rasa

Mereka menuntut Mendagri M. Ma'ruf mencabut surat keputusan yang mencopot Bupati Bekasi Saleh Manaf beserta wakilnya. Dikhawatirkan, keputusan itu bakal menghambat pembangunan Kabupaten Bekasi.

Liputan6.com, Jakarta: Ratusan warga Bekasi, Jawa Barat, berunjuk rasa di Gedung Departemen Dalam Negeri di Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Kamis (9/3). Mereka menuntut Menteri Dalam Negeri Mohammad Ma`ruf mencabut Surat Keputusan Mendagri yang memberhentikan Bupati Bekasi Saleh Manaf dan wakilnya Solihin Sari. Pengunjuk rasa mengkhawatirkan ketiadaan bupati dan wakilnya mengakibatkan pembangunan Kabupaten Bekasi terhambat.

Sekadar mengingatkan, kasus ini berawal dari pencalonan Saleh pada pemilihan bupati pada 2003 yang dinilai cacat hukum. Saat mencalonkan diri, ia masih berstatus pegawai negeri sipil. Bupati Bekasi saat itu, Wikanda Darmawijaya, tak mengizinkan Saleh untuk maju. Di Pengadilan Tata Usaha Negara Jabar Saleh kalah. Kasasi yang diajukan ke Mahkamah Agung pun juga ditolak [baca: Bupati Bekasi Saleh Manaf dan Wakilnya Dinonaktifkan].

Saleh Manaf sendiri telah mengajukan permohonan peninjauan kembali atas kasus tersebut kepada Mahkamah Agung. Adapun hingga berita ini diturunkan belum ada komentar dari Mendagri M. Ma'ruf atas tuntutan itu.(BOG/Tim Liputan 6 SCTV)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.