Sukses

Bayi Tanpa Batok Kepala Hanya Bertahan Sehari

Seorang bayi laki-laki di Tegal, Jawa Tengah, lahir tanpa tempurung kepala. Menurut dokter, penyebab bayi lahir cacat bisa diakibatkan faktor genetik, infeksi kandungan, atau kurang gizi.

Liputan6.com, Tegal: Seorang bayi laki-laki yang lahir tanpa tempurung kepala akhirnya meninggal dunia di Rumah Sakit Islam PKU Muhammadiyah Adiwerna, Tegal, Jawa Tengah, Selasa (14/2) siang. Bayi dengan bobot dua kilogram serta panjang 46 sentimeter itu lahir sehari sebelumnya.

Saat mendengar anak pertamanya meninggal, pasangan muda Darsa dan Tulikha tak dapat membendung tangisnya. Wanita asal Desa Tembok Lor, Kecamatan Adiwerna, Kabupaten Tegal, Jateng, ini bahkan masih tak percaya anaknya lahir tanpa batok kepala. Soalnya, saat hamil Tulikha tidak merasakan keanehan pada kandungannya. Selain itu, bayinya lahir pada usia kandungan tepat sembilan bulan.

Menurut dokter yang menangani, Bambang Susilo, penyebab kelainan bayi bisa disebabkan banyak faktor. Di antaranya faktor genetik dan si ibu pernah menderita infeksi kandungan. Bisa jadi pula, saat hamil sang ibu tak mengonsumsi makanan bergizi. Untuk mengurangi kemungkinan terulangnya kejadian ini, Bambang menyarankan ibu yang hamil kontrol secara rutin. Si ibu juga diminta mengkonsumsi makanan yang bergizi, tidak merokok, dan menghindari kontak langsung dengan kucing atau burung.

Bayi yang terlahir cacat juga terjadi di Rumah Sakit Budi Kemuliaan Batam, Kepulauan Riau, akhir Januari silam. Bayi berjenis kelamin laki-laki itu adalah putra pasangan Sri Hayati dan Mujiono. Sri melahirkan putra ketiganya dengan cacat tanpa batok kepala dan otak besar. Selain itu, sang bayi tak dilengkapi mata, hidung, serta mulut [baca: Usia Bayi Tanpa Wajah Diperkirakan Tinggal Sebulan].(DNP/Sugihartono)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.