by

Cara Baru Uji Formalin pada Makanan

506238
  • Sosial & Budaya
  • 0
  • Kamis, 09 Februari 2006 19:19
Liputan6.com, Jakarta: Uji kadar formalin dalam makanan kini dapat dilakukan sendiri. Pengujiannya bisa dilakukan dengan dua cara yakni, menggunakan tes strip khusus dan tes kit. Hasil kedua tes ini bisa cepat diketahui dalam beberapa menit. Demikian dikemukakan Kepala Bidang Pangan Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM) Siam Subagyo di Jakarta, belum lama ini.

Menurut Subagyo, pada tes kit, pengujian memerlukan dua pereaksi padat dan cair. Untuk sampel makanan berstruktur padat pengujian dilakukan dengan merendam makanan dalam air jernih. Air rendaman tersebut kemudian dicampur dengan sedikit pereaksi padat maupun cair. Jika warna reaksi berubah menjadi ungu berarti mi mengandung kadar formalin. Semakin ungu warnanya berarti kadar formalinnya sangat tinggi.

Subagyo mengaku, perangkat untuk melakukan tes kit tersebut, kini masih dalam tahap produksi di Badan POM. Namun, diupayakan alat ini bisa secepatnya dijual kepada masyarakat. "Dengan waktu yang sangat mendadak ini, kami harus membuat kemasan kotak dan wadahnya," kata Siam.

Sementara yang kedua adalah tes strip. Menurut Subagyo tes itu berupa lembaran kertas bertakaran kimia. Proses kerjanya lebih mudah hanya mencelupkan selembar paper strip pada larutan makanan. Sama dengan cara kerja tes kit. Apabila warna kertas menjadi ungu berarti makanan mengandung formalin. Waktu yang dibutuhkan dalam pengujian ini relatif cepat yakni tidak sampai tiga menit.

Kertas untuk tes strip yang masih diimpor ini harganya mencapai antara Rp 700 ribu hingga satu juta rupiah untuk satu botol berisi 100 lembar. Sayangnya, kertas itu masih sulit didapatkan di pasaran.(IAN/Cindy Agustina dan Edison Simarmata)
Comments
Sign in to post a comment