Sukses

Pertunjukan Barongsai Sambut Imlek

Sepekan menjelang Hari Raya Imlek, TMII menggelar pertunjukan kesenian Tionghoa, barongsai. Kegiatan ini diharapkan memperkuat semangat pembauran dalam kesenian dan budaya Tionghoa di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta: Sepekan menjelang Hari Raya Imlek yang jatuh pada 29 Januari mendatang, Taman Mini Indonesia Indah menggelar pertunjukan kesenian barongsai, Ahad (22/1). Pemainnya tak hanya warga keturunan, sebagai bentuk semangat pembauran dalam kesenian dan budaya Tionghoa di Indonesia.

Pertunjukan barongsai mulai populer di Indonesia setelah era Orde Baru, yang ditandai dengan dijadikannya barongsai sebagai kesenian nasional. Bahkan, Tahun Baru Imlek kini juga ditetapkan sebagai hari raya nasional.

Dalam pertunjukan kemarin, terlihat pula upaya untuk mendekatkan budaya Tionghoa dengan budaya Melayu. Paling tidak itu tercermin dari lagu Rayuan Pulau Kelapa yang dibawakan dalam Bahasa Mandarin. Kemeriahan perayaan Imlek tahun ini diharapkan makin mempererat hubungan warga Tionghoa dan non-Tionghoa yang sebelumnya sempat diwarnai berbagai prasangka.(ADO/Gabi Getal dan Yuyung Setiawan)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.