Sukses

Bupati Bekasi Saleh Manaf dan Wakilnya Dinonaktifkan

Mulai Senin ini, Bupati Bekasi periode 2004-2009 Saleh Manaf dan wakilnya Solihin Sari dinonaktifkan. Pemberhentian ini ditolak ratusan pendukung Saleh yang berdemonstrasi di Gedung Bakorwil IV Jabar.

Liputan6.com, Purwakarta: Ratusan warga asal Bekasi berunjuk rasa di Gedung Badan Koordinator Wilayah IV Jawa Barat di Purwakarta, Jabar, Senin (16/1). Mereka menolak Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri yang menonaktifkan Bupati Bekasi Saleh Manaf dan wakilnya Solihin Sari. Saleh dan Solihin dicopot dari jabatannya mulai Senin ini.

Kasus ini berawal dari proses hukum yang diajukan mantan Bupati Bekasi Wikanda Darmawijaya soal pencalonan Saleh Manaf. Wikanda menilai pencalonan Saleh pada pemilihan bupati pada 2003 cacat hukum. Ia beralasan Saleh melanggar peraturan. Saat mencalonkan diri, Saleh masih berstatus pegawai negeri sipil. Wikanda yang ketika itu masih menjabat Bupati Bekasi mengaku, tak mengizinkan Saleh maju.

Saleh Manaf yang diusung Partai Persatuan Pembangunan kalah di Pengadilan Tata Usaha Negara Jabar. Kasasi yang diajukan ke Mahkamah Agung juga ditolak. Keputusan MA tertanggal 6 Juli silam itu membatalkan SK Mendagri tentang penetapan dan pengangkatan Saleh dan Solihin sebagai Bupati dan Wakil Bupati Bekasi [baca: Pintu Ruangan Bupati Bekasi Disegel Kepala Kambing].(TOZ/Ali Rojihi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini