Sukses

SBY Salat Id di Masjid Istiqlal

Presiden SBY dan Wapres Jusuf Kalla beserta istri masing-masing melangsungkan salat Idul Adha di Masjid Istiqlal, Jakpus. Khotbah salat disampaikan Profesor Azyumardi Azra yang berbicara soal kemiskinan.

Liputan6.com, Jakarta: Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Wakil Presiden Jusuf Kalla melaksanakan salat Idul Adha bersama ribuan warga Ibu Kota di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Selasa (10/1) pagi. Salat yang dilangsungkan di masjid termegah di Asia Tenggara itu juga diikuti sejumlah menteri Kabinet Indonesia Bersatu dan pimpinan lembaga tinggi negara.

Dalam kesempatan itu, turut hadir istri Presiden SBY, Ani Yudhoyono dan istri Wapres JK, Mufidah Kalla di barisan jamaah salat wanita. Para jamaah Masjid Istiqlal tersebut kemudian mendapat siraman rohani dari Rektor Universitas Islam Negeri Jakarta Profesor Azyumardi Azra.

Menurut Azyumardi, saat ini ada sekitar 40 juta rakyat Indonesia yang hidup dibawah garis kemiskinan. Untuk mengingat beban mereka, sang khatib mengajak umat Islam agar meningkatkan rasa sosialnya dengan terus memupuk jiwa untuk rela berkorban dan berbagi antarsesama saudaranya yang membutuhkan.

Usai salat, Yudhoyono dan Kalla masing-masing menyerahkan seekor sapi kepada panitia kurban di Masjid Istiqlal. Sapi itu diserahkan oleh kedua pemimpin negara tersebut untuk dipotong dan dagingnya bisa dibagikan kepada warga yang berhak menerimanya.

Salat Idul Adha juga berlangsung di sejumlah daerah konflik. Di Ambon, Maluku, ibadah Idul Adha dipusatkan di Masjid Raya Al-Fatah. Selain berjalan lancar dan aman, rangkaian Hari Raya Kurban ini juga dimeriahkan dengan tradisi berkeliling kampung sambil membawa hewan kurban yang diiringi kesenian khas daerah setempat. Usai pawai, hewan kurban itu selanjutnya disembelih di tempat yang disediakan.

Di Palu, Sulawesi Tengah, pelaksanaan salat Id juga aman dan lancar walaupun berlangsung ditengah penjagaan ketat pihak keamanan setempat. Pasalnya, insiden ledakan bom di Pasar Maesa yang menewaskan tujuh orang belum lama terjadi. Pelaksanaan salat Id warga setempat dipusatkan di Lapangan Vatulemo, di depan kantor Wali Kota Palu.

Ratusan polisi terlihat mengamankan pelaksanaan salat Id di Manado, Sulawesi Utara. Ini seperti yang terlihat tak jauh dari tempat salat di daerah Komo dan Perkamil. Selain polisi, satuan polisi pamong praja setempat juga tampak berjaga. Usai salat, tradisi pemotongan hewan kurban juga dilakukan.

Meski turun hujan gerimis di Samarinda, Kalimantan Timur, sejak subuh. Namun tetap tidak menghalangi ribuan warga setempat untuk melaksanakan salat Id di jalan raya, lapangan, dan masjid setempat. Salah satu masjid yang dipadati jamaah adalah Masjid Islamic Centre.

Sultan Kraton Kanoman bersama kerabatnya juga melaksanakan salat Id di Masjid Agung Syarif Hidayattullah di Kompleks Makam Sunan Gunung Jati. Puncak Lebaran Haji ini juga digelar dengan tradisi Grebeg Agung yang diawali dengan berziarah, tahlil dan doa di Makam Sunan Gunung Jati.(ZIZ/Tim Liputan 6 SCTV)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.