Sukses

Pelukis Damar Kurung Tutup Usia

Sriwati Masmundari, pelukis yang dikenal dengan gaya damar kurung meninggal di usia 101 tahun. Seniman yang menerima beragam penghargaan ini meninggalkan seorang anak dan lima cucu.

Liputan6.com, Gresik: Sriwati Masmundari, tokoh seni rakyat asal Gresik, Jawa Timur, meninggal dunia. Seniman otodidak yang dikenal sebagai pelukis damar kurung meninggal dalam usia 101 tahun. Jenazah Masmundari dimakamkan di Gresik, Ahad (25/12) siang tadi. Pelukis kelahiran Kampung Telogo Pojok, Gresik, Januari 1904 ini meninggalkan seorang anak dan lima cucu.

Semasa hidup, almarhumah konsisten dengan karyanya yang mengambil objek kehidupan sehari-hari. Aliran Masmundari cenderung naratif bahkan naifisme. Peristiwa yang dilihatnya seperti pesta nikah, Lebaran, atau penggusuran ditorehkan pada kertas lukis yang dibentuk menyerupai lampion. Gaya inilah yang kemudian dikenal dengan sebutan damar kurung [baca: Masmundari, Pelukis Damar Kurung Tertua].

Sejumlah penghargaan termasuk undangan ke Istana Negara di era Presiden Soeharto pernah diterima anak pasangan A. Sukiman dan Kotijah ini. Kini, karya Masmundari menjadi koleksi sejumlah pecinta seni dan tentu saja menjadi ikon Kota Gresik.(TOZ/Tim Liputan 6 SCTV)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini