Sukses

Soal Panglima TNI, KSAD Siap

KSAD Jenderal Djoko Santoso belum mau berkomentar soal bursa calon panglima TNI. Sebagai prajurit TNI, Djoko mengungkapkan dirinya harus siap dengan tugas apa pun yang diberikan kepadanya termasuk sebagai panglima TNI.

Liputan6.com, Jakarta: Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal Djoko Santoso belum mau berkomentar banyak tentang isu dirinya masuk dalam bursa calon panglima TNI. Menurut Djoko dirinya menyerahkan permasalahan ini sepenuhnya pada mekanisme yang sudah ada dan sesuai dengan konstitusi. "Serahkan saja kepada Presiden (Susilo Bambang Yudhoyono) karena itu hak prerogatif Presiden," tegas Djoko di Jakarta, Sabtu (24/12).

Meski demikian, Djoko mengungkapkan sebagai prajurit TNI dirinya harus siap dengan tugas apa pun yang diembankan kepadanya termasuk sebagai panglima TNI. Sementara perpanjangan masa tugas Panglima TNI Jenderal Endriartono Sutarto akan berakhir pada 31 Desember mendatang [baca: Panglima TNI Diganti Januari 2006].

Selain Djoko, mantan Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal Ryamizard Ryacudu, Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal Djoko Suyanto, dan Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana Slamet Soebijanto juga disebut-sebut calon lain sebagai panglima TNI.

Seperti yang pernah diungkapkan Endriartono bahwa Markas Besar TNI sudah menyerahkan empat nama calon panglima TNI kepada Presiden Yudhoyono, September silam [baca: Presiden Sudah Mengantongi Nama Calon Panglima TNI].(ZIZ/Mochamad Achir dan Joni Marcos)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.