Golok Cibatu Terkenal Hingga Penjuru Dunia

  • Lain-lain
  • 0
  • 18 Des 2005 14:25

182105busahagolok.jpg

Liputan6.com, Sukabumi: Alam Priangan Sukabumi, Jawa Barat, tak saja menawarkan keindahan panorama serta sejuknya udara. Tapi, juga masyhur akan kemahiran pandai besi. Yang paling khas adalah membuat golok serta pedang pusaka yang sudah terkenal sejak lebih dari lima dekade. Satu di antara kawasan yang terkenal kerajinan senjata tajam adalah Cibatu. Di Sukabumi, Cibatu dikenal sebagai kawasan sentra pembuatan golok pusaka bermutu tinggi. Golok asal Cibatu juga memiliki ciri khas tersendiri. Tak heran, jika terkenal hingga ke mancanegara.

Di antara perajin golok di Cibatu yang selalu dicari pembeli dan kolektor adalah Haji Aas As`ari. Ayah tiga anak ini mewarisi keahlian membuat golok secara turun temurun. Karyanya juga tak terbatas kepada golok tradisonal dengan ukuran 20 hingga 40 sentimeter. Sesuai permintaan pasar, Aas mampu membuat golok hingga panjang satu meter serta berbagai jenis pisau untuk olahraga bela diri. Misalnya trisula dan samurai. Tak hanya itu, Aas juga melayani pembuatan berbagai jenis pisau untuk kebutuhan atau perlengkapan persenjataan TNI/Polri.

Dengan kisaran harga Rp 100 hingga Rp 1,5 juta untuk setiap kreasinya, Aas tak pernah sepi pesanan. Aas memiliki pelanggan tetap seperti dari Ikatan Pencak Silat Indonesia serta kolektor pisau-pisau unik. Bahkan, ada yang sudah 18 tahun menjadi pelanggan tetapnya. Kendati begitu, Aas bersama tujuh saudara kandungnya tetap berusaha mengembangkan usaha ini. Untuk memudahkan pemasaran produk-produk olahan pisaunya, mereka membuka toko di Jalan Raya Cisaat, sekitar lima kilometer dari pusat Kota Sukabumi dengan nama PD Siliwangi.

Dengan bahan baku batangan besi bekas pakai seharga Rp 4.500 per kilogram dalam proses  produksinya Aas dengan delapan orang pekerja hanya mengerjakan proses akhirnya saja. Soalnya, sejak peleburan besi hingga mencetak pisau telah dikerjakan perajin lain yang berada di sekitar tempat tinggalnya di Cibatu.

Selain menerima order rutin dari Mabes TNI dan Polri, upaya pemasaran lain juga dilakukan dengan cara memasarkan ke toko-toko peralatan rumah, toko bangunan yang berada di wilayah Jakarta, seperti Pasar Senen. Juga di Bandung, di Pasar Kosambi, Ciroyom, Cimahi dan Batujajar.(ORS)

Perajin Golok Pusaka Cibatu- Sukabumi
Haji Aas As'ari
Jl. Siliwangi III Gr. H Syarifudin No.313
RT 03/01 Cibatu-Cisaat, Sukabumi
Telp: (0266) 217791

PD SILIWANGI
ADI YUDIN / H ENDIN SAPRUDIN: 0815 6080 769
Jl. Raya Cibatu No. 101 RT 04/01
Telp: (0266) 224504

Terpopuler