Sukses

Seorang Pemuda Palestina Diciduk Lantaran Membawa Bom

Tentara Israel menciduk seorang pemuda yang mengikatkan bom di badannya. Pemuda itu diduga hendak meledakkan diri di dekat pos pemeriksaan milik militer Israel di dekat Nablus.

Liputan6.com, Nablus: Tentara Israel menangkap seorang remaja Palestina yang kepergok hendak meledakkan bom yang diikat ke badannya. Pemuda itu diciduk saat mencoba menyelundup ke pos pemeriksaan militer milik Israel di dekat Nablus, baru-baru ini. Tersangka mengenakan jaket biru dan celana jin. Tentara menyita dua kaleng berisi bahan peledak.

******

Bom bunuh diri mengguncang sebuah pasar di Kota Jandola, dekat perbatasan Pakistan-Afghanistan, Kamis (8/12). Sedikitnya 12 orang tewas dan 35 lainnya cedera. Aksi kekerasan ini diduga berkaitan dengan kematian seorang tokoh Al-Qaidah dalam operasi militer, minggu silam.

******

Unjuk rasa buruh dan petani di Seoul, Korea Selatan berlanjut. Ribuan peserta mencoba mendekati rumah dinas presiden Amerika Serikat dan Kantor Kedutaan Besar negara itu. Aksi massa sebagai bentuk protes terhadap kebijakan pasar beras dan penolakan Undang-undang Ketenagakerjaan. Namun, demonstrasi itu berakhir bentrok. Ini setelah polisi Antihuru-Hara setempat menghalangi gerakan sekitar 4.000 peserta unjuk rasa.

Ahad silam, kerusuhan juga mengakhiri demonstrasi ribuan petani dan buruh di Seoul. Ketika itu, berbekal bambu dan besi, pengunjuk rasa menerobos barikade Polisi Antihuru-hara di jantung Kota Seoul [baca: Demonstrasi Petani-Buruh Korsel Berakhir Rusuh].

******

Bentrokan fisik di Korea Selatan tak cuma terjadi di jalan. Anggota Parlemen setempat, hari ini, juga terlibat adu jotos. Keributan dipicu debat sengit antaranggota Partai Uri, partai yang berkuasa dengan oposisi. Agenda yang tengah dibicarakan saat itu adalah reformasi Undang-undang Pendidikan di Korsel.

Baku hantam antaranggota Parlemen bukan sekali ini terjadi di Negeri Ginseng. Maret silam, para anggota lembaga legislatif ribut usai mendengar hasil keputusan pemungutan suara dengan mayoritas peserta yang hadir menyetujui pemindahan kantor-kantor pemerintahan di luar Seoul. Hasil pemungutan suara diumumkan Ketua Parlemen Kim Duk-kyu [baca: Anggota Parlemen Korsel Adu Jotos].

Karena tak menerima keputusan itu, sejumlah wakil rakyat langsung berebut menguasai mikrofon podium. Tak pelak, adu jotos dan saling maki tidak dapat dihindarkan. Bahkan, salah seorang anggota Dewan nekat melemparkan cangkir berisi air dan kertas-kertas ke arah Kim Duk-kyu.

******

Aksi kekerasan didalangi kelompok militan kerap terjadi di Bangladesh. Belum lama berselang, sebuah serangan bom bunuh diri terjadi di jalan raya yang tengah dipadati penduduk. Akibatnya, delapan orang tewas dan lebih dari 50 lainnya cedera.(KEN/Wir)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini