by

Curug Caweni, Alam Perawan Sukabumi

  • Sosial & Budaya
  • 0
  • 19 Nov 2005 09:06
Liputan6.com, Sukabumi: Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, yang berjarak sekitar 160 kilometer dari Jakarta menyimpan segudang potensi pariwisata. Selain Pantai Pelabuhan Ratu yang sudah tersohor, sejumlah tempat lain layak menjadi tujuan untuk mengisi akhir pekan. Sekadar melepas lelah, menikmati alam yang asri, atau mencari makanan tradisional sebagai buah tangan.

Bagi yang suka dengan wisata alam, Sukabumi menawarkan sebuah air terjun yang masih perawan. Curug Caweni yang terletak di Desa Cidolog, sekitar 70 kilometer dari pusat Sukabumi. Lokasi wisata ini hanya bisa ditempuh melalui jalan setapak sejauh satu kilometer. Pengunjung harus berhati-hati karena jalanan perbukitan yang licin.

Perjalanan yang cukup melelahkan itu terbayar lunas begitu tiba di Curug Caweni. Pemandangan indah terhampar di depan mata. Air terjun yang jernih dan udara yang bersih menjadi magnet untuk berlama-lama di tempat itu. Keheningan Curug Caweni yang berbaur suara alam menawarkan sebuah kedamaian.

Salah satu ciri khas Curug Caweni adalah sebuah batu yang terdapat di tengah-tengah air terjun. Batu tersebut adalah Arca Caweni, putri yang pernah berkuasa di Cidolog. Legenda berkisah, jika sang putri menikah dengan arca pria yang tak jauh dari Cidolog, maka banjir besar akan melanda kawasan tersebut.

Selain wisata alam, Sukabumi juga memiliki objek agrowisata yang terletak di Gunung Arca. Wisatawan dapat melihat langsung pembudidayaan lebah madu jenis Apis mellifera ligustica. Peternakan tersebut bisa memanen madu dua kali dalam sebulan dengan hasil 700-800 kilogram madu murni setiap kali panen.

Usai menjadi peternak dadakan, pengunjung bisa membawa pulang madu murni yang dihasilkan peternakan tersebut. Sebotol madu jenis kaliandra bisa dibeli Rp 35 ribu. Tempat ini juga menawarkan terapi sengat lebah yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Selain madu, tak lengkap rasanya jika tak membawa kue mochi sebagai buah tangan. Penganan khas berbahan baku tepung ketan dan kanji ini bisa disebut sebagai oleh-oleh wajib bagi wisatawan yang berkunjung ke Sukabumi. Selain berisi kacang tanah, ditawarkan pula mochi beragam rasa seperti stroberi, pisang ambon, pandan, moka, durian, dan jahe.(TOZ/Eva Yunizar dan Effedi Kassah)

Comments
Sign in to post a comment