Sukses

Veteran Perang Indonesia dan Belanda Berkumpul di Jakarta

Sebanyak 30 veteran perang Belanda bertemu dengan veteran Indonesia dari Pasukan Divisi Siliwangi, Jawa Barat. Mereka berkumpul untuk bertukar kebahagiaan dan meningkatkan hubungan baik setelah perang berlalu.

Liputan6.com, Jakarta: Biasanya apabila dua pasukan tempur yang bermusuhan bertemu di sebuah tempat tentunya yang terjadi adalah peperangan. Tapi yang terjadi kali ini berbeda, mereka justru saling berjabat tangan dan bertukar kebahagiaan. Ini adalah suasana yang terjadi dalam pertemuan antara puluhan veteran perang Indonesia dan Belanda di Jakarta, Sabtu (24/9).

Mereka yang berkumpul adalah veteran perang Indonesia dari Pasukan Divisi Siliwangi, Jawa Barat dan pasukan Belanda dari Divisi 7 Desember 1946. Permusuhan mereka yang terjadi hampir 60 tahun lalu, kini telah sirna. Mereka telah menjalin hubungan baik sejak sembilan tahun lalu.

Menurut Mayor Jenderal Purnawirawan Jan Bruurmy, mantan komandan pasukan Belanda, kini mereka saling menghargai dan berniat akan terus memperbaiki hubungan baik antara Indonesia dan Belanda. Rencananya, tiga puluh mantan personel tempur Belanda ini akan napak tilas di beberapa tempat yang pernah mereka jelajahi di sejumlah daerah di Jawa Barat.(ZIZ/Aryo Adi Prabowo dan Yonhelfi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini