by

Veteran Perang Indonesia dan Belanda Berkumpul di Jakarta

  • Sosial & Budaya
  • 0
  • 24 Sep 2005 20:44
Liputan6.com, Jakarta: Biasanya apabila dua pasukan tempur yang bermusuhan bertemu di sebuah tempat tentunya yang terjadi adalah peperangan. Tapi yang terjadi kali ini berbeda, mereka justru saling berjabat tangan dan bertukar kebahagiaan. Ini adalah suasana yang terjadi dalam pertemuan antara puluhan veteran perang Indonesia dan Belanda di Jakarta, Sabtu (24/9).

Mereka yang berkumpul adalah veteran perang Indonesia dari Pasukan Divisi Siliwangi, Jawa Barat dan pasukan Belanda dari Divisi 7 Desember 1946. Permusuhan mereka yang terjadi hampir 60 tahun lalu, kini telah sirna. Mereka telah menjalin hubungan baik sejak sembilan tahun lalu.

Menurut Mayor Jenderal Purnawirawan Jan Bruurmy, mantan komandan pasukan Belanda, kini mereka saling menghargai dan berniat akan terus memperbaiki hubungan baik antara Indonesia dan Belanda. Rencananya, tiga puluh mantan personel tempur Belanda ini akan napak tilas di beberapa tempat yang pernah mereka jelajahi di sejumlah daerah di Jawa Barat.(ZIZ/Aryo Adi Prabowo dan Yonhelfi)

Comments
Sign in to post a comment