Sukses

Presiden Sudah Mengantongi Nama Calon Panglima TNI

Mabes TNI merekomendasikan nama mantan KSAD Jenderal Ryamizard Ryacudu, KSAD Jenderal Djoko Santoso, KSAL Laksamana Slamet Soebijanto, dan KSAU Marsekal Djoko Suyanto sebagai calon Panglima TNI.

Liputan6.com, Jakarta: Panglima TNI Jendral Endriartono Sutarto membenarkan bahwa Markas Besar TNI sudah menyerahkan empat nama calon Panglima TNI kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Mereka adalah mantan Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal Ryamizard Ryacudu, KSAD Jenderal Djoko Santoso, Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana Slamet Soebijanto, dan Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal Djoko Suyanto. &quotTinggal Presiden yang mencalonkan," ujar Endriartono di sela-sela rapat kerja dengan Komisi I DPR RI di Jakarta, Kamis (8/9).

Menurut Endriartono, selanjutnya tinggal Presiden yang berhak memilih dan mencalonkan sejumlah nama hasil rekomendasi Mabes TNI ke DPR. Kendati begitu, Presiden tak diperbolehkan mencalonkan nama di luar nama yang telah diajukan. &quotHarus sesuai dengan undang-undang," kata Endriartono.

Isu penggantian Panglima TNI sudah bergema sejak kepemimpinan Presiden Megawati Sukarnoputri. Saat itu, Megawati hanya mencalonkan satu nama, yakni Jenderal Ryamizard Ryacudu. Namun, pencalonan Ryacudu sempat menimbulkan polemik hingga akhirnya penetapan Panglima TNI baru batal dilakukan. Penetapan Panglima TNI ini bahkan sempat diusulkan menggunakan cara rotasi atau perputaran angkatan [baca: Diusulkan Rotasi Angkatan dalam Pemilihan Panglima TNI ].(ORS/Fajar Ilham dan Anto Susanto)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini